Kuliner Lebaran di Lombok

Salah satu hal paling menyenangkan dari mudik atau pulang kampung adalah bisa memuaskan diri makan macam-macam. Mulai dari makanan nostalgia waktu kecil, makanan kesukaan yang wajib didatangi setiap mudik, atau pun kuliner kekinian yang sedang ngehits. Nah, lebaran kemarin seperti tahun-tahun sebelumnya di rumah saya menunya adalah ketupat, opor ayam, sambal goreng rebung ati ampela (yang semuanya dimasak ibu saya 😀 )

Yang lebih seru lagi, lebaran kemarin diajakin sama Mbak Yuslin silaturahmi ke rumah Uni, asisten RTnya. Semangat dong, karena pasti sajian lebarannya hidangan khas Lombok *iler netes-netes*. Dan, tadaaaaaaa….!

20170625112446

Lebaran ala kuliner Lombok

Baiklah, mari kita absen satu-persatu. dari atas ya, kanan ke kiri.

Yang pertama sate Pusut, sate khas Lombok terbuat dari daging dan kelapa. Yang kedua ayam plecing yang pedesnya nauzubillah…seperti kebanyakan masakan Lombok pada umumnya. Berikutnya kacang goreng asin. Ini yang selalu bikin kangen, kacang goreng biasanya menjadi teman makan nasi, atau pun makan bakso. Kacang asinnya juga enak banget, dengan wangi bawang goreng yang semerbak. Next, the highlight of the lunch, Gule Lemak. Gule ini biasanya berisi daging sapi, atau ayam, atau nangka muda. Bumbu rempahnya lengkap, santannya kental but somehow nggak bikin eneg. Mungkin karena rasa pedasnya yang nendang juga, jadi bikin nambah nasi terus, hahaha. Berikutnya telur pindang, ayam plecing lagi dan gule lemak lagi.

20170625112517

Gule Lemak, nom…nom…nom

Untuk snack dan dessert (halah!), ada pisang goreng, kue plintiran yang saya nggak tahu namanya (tapi enak!), kacang sembunyi, jeruk, dan poteng-jajetujak! For those who doesn’t the meaning of Poteng & Jajetujak, itu adalah tape ketan dan uli, (atau tetel kalo di Malang). Salah satu item yang wajib dimakan setiap saya pulang kampung. Mau beli di pasar kek, di supermarket kek, atau di toko kue legendaris Mirasa kek, semua enak!

20170625111806

Look at those beautiful sweet treats!

Well, demikian cerita kuliner lebaran saya di Lombok tahun ini. Kalau kamu bagaimana?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s